Selasa, 22 April 2014

Klepon hijau

Halohaaaa....
Seneng deh udah mulai bisa baking2 lagi, bikin cemilan buat si kakak lagiii...dan ini salah 1 kegiatan metime saya yaitu baking :D karena menyalurkan keinginan yang kita sukai itu rasanyaaa puas yaah hihihi palagi hobi sekarang ngeliat2 blog orang yang pinter2 masak sama bikin kue, dan belakangan ini lagi suka kue2 jadul alias kue tradisional gitu ;)
Salah satunya yang saya pernah buat dulu klepon ubi ungu, bisa liat disini untuk resepnya ya, sama klepon ubi merah (kl yang ini saya ga sempet posting ;p) nah sekarang penasaran juga sama klepon yang hijau, lagipula yang biasa dijumpai ya si klepon yang warna hijau ini kan kalau ditoko2 kue gitu, ternyata hijaunya itu dari daun suji yang diblender sama air, kalau dari segi rasa sih sebenernya saya lebih suka si klepon ubi ungu yah karena lebih empuk (mungkin karena dari ubinya itu ya) kalau yang hijau ini teksturnya kenyal, ya balik lagi ke selera masing2 yah hehehe

Untuk resepnya saya ambil dari blognya mba nina disini yahh (oiya suka juga sama blognya mba nina ini karena masakan n kue2nya bervariasi dan foto2nya bagusss2 bangettt!!! jadi pingin belajar FP) hehee ;p




Berikut resepnya :)

Bahan :
250 gr tepung ketan
50 gr tepung beras
200 ml air daun suji hangat (saya: daun suji 6lembar+200ml air biasa => blender)
2 sdt air kapur sirih
100 gr gula merah, sisir
1/2 butir kelapa, parut
1/2 sdt garam
air untuk merebus

Cara Membuat :
- Campur tepung ketan dan tepung beras. Aduk hingga rata.
- Campurkan air daun suji dan air kapur sirih. Aduk rata.
- Tuang sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata hingga bisa dipulung atau dibentuk. Bila adonan dirasa masih kering, tambahkan lagi air daun suji sedikit lagi.
- Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan gula merah. Bulatkan dan lakukan hingga habis.
- Didihkan air dan rebus klepon hingga mengapung.
- Angkat klepon yang sudah mengapung dan pindahkan ke wadah yang berisi air matang suhu ruang. Diamkan sejenak kemudian angkat dan tiriskan.(saya: gak ditaruh lg diair matang suhu ruang)
- Kukus kelapa parut dengan garam sebentar saja. (saya: tambahan daun pandan yang dirobek kecil2 biar wangi)
- Gulingkan klepon ke kelapa parut.
- Sajikan :)

Selamat mencoba yach :D







0 comments:

Posting Komentar