Rabu, 23 April 2014

Kue Lopis

Siapa yang suka kue yang 1 ini?

waktu saya posting di akun socmed saya ternyata banyak yang like dan komen kalau suka sama kue lopis ini lho....;) soalnya memang sih semakin kesini makin jarang yang jual kue lopis ini, waktu itu didaerah rumah saya sekarang ini masih ada yang jual kue lopis tapi sekarang udah ga jual lagi :s makanya saya buat sendiri aja karena pas liat resepnya bahan2nya ga banyak yang dibutuhkan hehee tetapi tetep ya yang namanya belajar pasti ada aja gagalnya hihihi ini percobaan yang ketiga kali saya buat kue lopis ini, yang pertama gatot karena ga penuh pas isi berasnya kedaunnya alhasil lembekkkk, nah yang kedua Alhamdulilah berhasil dengan memadatkan berasnya kebungkusan daun pisang....tp memang cara bungkusnya masih acak kadut :p kurang terampil sih hehee, nah yang ketiga ini bungkusnya udah rapih udah cancikkk+ udah dimasukin berasnya padat...hasilnya pas dimakan kok lembekk banget yahh :s walaupun masih ada yang bisa dimakan juga sihh, tapi kenapa oh kenapa?????><
Resepnya kuambil dari mba hesti yah, dan pernah tanya ke beliau mungkin jenis berasnya yang lembek, nah saya belum bisa bedain beras yang lembek sama yang nggak :p huhuhu

Berikut resepnya versi saya :D

Bahan2:
Beras Ketan  1Liter
air kapur sirih 2sdt
Kelapa parut dari 1/2 kelapa (kukus dengan ditambah kan garam dan daun pandan dirobek2)
Gula Merah 5pcs ( rebus dengan air kira2 100ml dan kasih daun pandan juga biar wangi)
Daun pisang
Daun pandan 

Cara Membuat:
1. Cuci bersih beras dan rendam selama 1jam lalu tiriskan
2. Perciki beras dengan air kapur sirih
3. Siapkan daun pisang dan masukan beras kedalam daun pisang lalu sematkan dengan lidi, bisa dengan bentuk segitiga(lupa foto cara lipatnya karena masih belajar juga hihihi) atau kayak buat lontong bentuknya
4. Rebus selama 3jam dengan air yang penuh, kalau saat airnya ditambahkan lagi
5. Kalau sudah matang gulingkan kue lopisnya kedalam parutan kelapa dan tuang gula merahnya sesuai selera

Selamat mencoba :)

Jadinya sekitar 30pcs...banyakkk yahhh :D

Setelah matang dan diangkat dari panci

cocok buat sarapan atau cemilan sore hari :)

ini beberapa yang gatot karena saking lembeknya ga bisa diangkat donk huhuhu 

0 comments:

Posting Komentar